Peraturan Gubernur DKI Jakarta nomor 92 tahun 2018 tentang pembatasan Kebijakan ganjil-genap disejumlah ruas jalan Ibu Kota Jakarta selama Asian Para Games 2018 akan berakhir pada 13 Oktober 2018.

Dengan berakhirnya kebijakan ganjil genap tersebut “Pasti akan banyak pertanyaan dari masyarakat mengenai kelanjutan sistem ganjil genap mau seperti apa” Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihantono mengatakan perpanjangan akan mulai dilaksanakan awal pekan depan.

“Betul, mulai hari Senin (15/10),” katanya seperti dikutip dari Antara di Jakarta, Sabtu (13/10).

Bambang mengatakan keputusan perpanjangan tersebut didasarkan pada Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 106 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap tertanggal 12 Oktober 2018 kemarin.

Sesuai aturan tersebut, maka kebijakan ganjil genap yang sebelumnya hanya sampai 13 Oktober 2018 atau hingga gelaran Asian Para Games berakhir, diperpanjang dari 15 Oktober hingga 31 Desember 2018.

Budi Setiyadi selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan setuju dengan peraturan tersebut, karena sistem ganjil genap dinilai memiliki berbagai dampak positif .

“Dampak positifnya kadar emisi berkurang, Dengan perpanjangan kebijakan ganjil genap Pemerintah berharap akan merangsang gaya hidup masyarakat Jakarta yang tadinya lebih senang menggunakan kendaraan pribadi dan beralih ke moda angkutan publik seperti Busway Commuter Line, LRT, MRT. kebijakan ganjil genap

Kebijakan Ganjil Genap Meliputi Wilayah Sebagai Berikut:

a. Jalan Medan Merdeka Barat,

b. ,Jalan Gatot Subroto,

c. Jalan Jenderal Sudirman,

d. sebagian Jalan Jenderal S. Parman (mulai dari simpang Jalan Tomang Raya sampai dengan Jalan KS. Tubun),

e. Jalan M.H. Thamrin,

f. Jalan H.R. Rasuna Said,

g.  Jalan Jenderal D.I. Panjaitan

h.,Jalan Jenderal M.T. Haryono,

i. Jalan Jenderal Ahmad Yani.

Perlu diingat, Kebijakan lalu lintas dengan siste, ganjil genap pada ruas jalan yang telah disebutkan bisa tidak berlaku pada segmen persimpangan persimpangan terdekat sampai dengan pintu masuk tol dan segmen pintu keluar tol sampai dengan persimpangan terdekat.

Terkait usulan mengenai ganjil genap diterapkan permanan atau tidak. Bambang mengatakan akan menggungu evaluasi pada akhir tahun 2018 nanti. “Kita tunggu hasil evaluasi sampai dengan bulan Desember ya,” katanya.